You are here : Home > Otomotif > Test
Test Konsumsi BBM Suzuki Ertiga AC Double Blower, Apakah Lebih Boros?
1 April 2013 | 4344 kali dibaca
Banyak yang menganggap mobil ber-AC double blower biasanya lebih boros dari single blower. Apalagi kalau kedua blower itu dihidupkan terus. Benarkan begitu?

Umumnya pada mobil dengan fitur AC double blower, punya spesifikasi komponen AC yang berbeda dari single blower. Terutama pada kompresornya, karena mesti mengakomodir 2 blower. Sehingga tak sedikit yang menganggap mobil ber-AC double blower biasanya lebih boros dari single blower. Apalagi kalau keduanya dipanteng terus.


Untuk menjawab hal tersebut, kita coba menghitung konsumsi BBM Ertiga GX DB ini dalam kondisi semua blower AC diaktifkan. Baik untuk pemakaian dalam kota, luar kota hingga ketika mobil dipacu pada kecapatan konstan 100 km/jam.

Asyiknya, small MPV bonnet andalan Suzuki yang dilengkapi dual airbag dan rem ABS ini juga sudah dibekali multi information display (MID) yang diantaranya mencantum perhitungan konsumsi BBM average dan riil secara computerized oleh ECU. Sehingga tidak sulit untuk mengetahui pemakaian bahan bakarnya.

Hasilnya, bila dibandingkan dengan versi single blower (SB) yang pernah diuji sebelumnya, tidak ada perbedaan yang signifikan. Misalnya untuk pemakaian dalam kota, bila pada Ertiga SB average-nya bisa mencapai 13 km per 1 liter Premium, maka pada Ertiga DB mencapai 12,7 km/liter.

Pemakaian luar kotanya malah sedikit lebih irit disbanding versi SB, yakni tembus 16,5 km/liter (versi SB 16,3 km/liter).  Sementara pada kecepatan konstan 100 km/jam hanya terpaut 0,3 km/liter,  masih lebih irit Ertiga SB. (mobil.otomotifnet.com)

Penulis : DIC • Teks Editor : Bagja • Foto : Salim

Related Articles
26 Maret 2014 | 468 kali dibaca
Comments
comments powered by Disqus
Kebijakan Privasi | Ketentuan Layanan | Tentang Kami

Copyright © www.gramediamajalah.com
All Right Reserved 2014